Entri Populer

Senin, 01 Juli 2013

Pengertian merek

Pengertian Merek :
  1. Menurut American Marketing Association
Adalah nama, istilah, tanda, simbol atau desain, atau kombinasi dari keseluruhannya yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa dari penjual atau sekelompok penjual, agar dapat dibedakan dari kompetitornya.
  1. Menurut Stanton
Adalah nama, istilah, simbol atau disain khusus atau beberapa kombinasi unsur-unsur ini yang dirancang untuk mengidentifikasikan barang/jasa yang ditawarkan oleh penjual (Stanton)
  1. Menurut Peter & Olson 1996;168
Lebih  dari  itu,  merek  adalah  sesuatu  yang  dibentuk  dalam  pikiran  pelanggan  dan memiliki kekuatan membentuk kepercayaan pelanggan
  1. Menurut Kotler,  2000:163
Merek berfungsi mengidentifikasi barang atau jasa dari seorang atau sekelompok penyaji  dan membedakannya  dari produk sejenis  dari penyaji lain.
  1. Menurut Aaker,1991:14
Jika perusahaan mampu membangun merek yang kuat di pikiran pelanggan melalui strategi pemasaran yang tepat, perusahaan akan mampu membangun mereknya. Dengan demikian merek dapat memberi nilai tambah pada nilai yang ditawarkan oleh produk kepada pelanggannya  yang  dinyatakan  sebagai  merek  yang  memiliki  ekuitas  merek .
Perbedaan Pengertian Merek dari berbagai sumber diatas adalah tentang tujuan dari sebuah merek tersebut misalnya Menurut Stanton, American Marketing Association, Menurut Kotler,  2000:163 tujuannya adalah sebagai identifikasi Barang/Jasa, sedangkan menurut Peter & Olson 1996;168 tujuannnya adalah untuk membentuk kepercayaan pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar