Entri Populer

Senin, 01 Juli 2013

ETIKA DALAM BISNIS SYARI’AH

Ada empat prinsip dalam ilmu ikonomi Islam yang mesti diterapkan dalam bisnis syari’ah, yaitu: Tauhid , Keseimbangan atau kesejajaran , Kehendak Bebas , dan Tanggung Jawab.
Tauhid mengantarkan manusia pada pengakuan akan keesaan Allah selaku Tuhan semesta alam. Dalam kandungannya meyakini bahwa segala sesuatu yang ada di alam ini bersumber dan berakhir kepada-Nya. Dialah pemilik mutlak dan absolut atas semua yang diciptakannya.
Keseimbangan atau kesejajaran merupakan konsep yang menunjukkan adanya keadilan sosial. Kehendak bebas yakni manusia mempunyai suatu potensi dalam menentukan pilihan-pilihan yang beragam, karena kebebasan manusia tidak terbatas.
Tanggung Jawab terkait erat dengan tanggung jawab manusia atas segala aktifitas yang dilakukan kepada Tuhan dan juga tanggung jawab kepada manusia sebagai masyarakat. Karena manusia dalah mahluk sosial yang saling membutuhkan , karena manusia bergantung. maka dari itu setiap perbuatan manusia baik atau buruknya harus dipertanggung jawabkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar