Entri Populer

Senin, 01 Juli 2013

Analisis kekuatan dan kelemahan Amazon. Com.


Amazon. Com didirikan pada tahun 1994 oleh Jeff Bezos di Seattle Amerika Serikat
Bermula dari garasi yang disewakannya, dan melalui moto tumbuh lebih besar dengan cepat. Usaha awalnya berubah dari satu toko buku sederhana menjadi sangat besar perdagangan virtual dan toko online terbesar di dunia yang menyediakan berbagai barang dagangan yang super lengkap dan primer.
Amazon.com membuka situs e-commercenya pada tahun 1995. Produk yang dijual di perusahaan online ini bermula dari buku kemudian dengan cepat meluas di versifikasinya ke produk lain seperti kaset VHS, DVD, CD music kemudian ke lelang dan sekarang Amazon.com sudah menjual ribuan jenis produk berbeda. Amazon.com bahkan pada tahun 2002 pernah menjadi toko online terbaik versi majalah yahoo karena penjualan atas order konsumen yang lbh dari 56 juta item.
Amazon.com mempunyai bermacam jenis produk yang di perdagangkan yaitu:
1. Amazon Booksurge
Amazon’s BookSurge adalah print-on-demand buku bisnis, yang memberikan penerbit kemampuan untuk mendistribusikan bahan meskipun telah memiliki relasi, peritel terkemuka dan distributor. BookSurge beroperasi pada April 2005.
2. Amazon EBS
Amazon Elastis Blokir Store menyediakan blog tingkat volume peyimpanan untuk digunakan dengan Amazon EC2. Amazon EBS sangat cocok untuk aplikasi yang memerlukan data base,sistem file atau akses kementah blok tingkat penyimpanan.
3. Amazon C2
Elastisitas Cara Cloud berfungsi menyediakan layananan web server virtual dengan harga yang murah. Bersama amazon virtual penyimpanan produk S3, EC2 bekerja sama untuk menyediakan ruang penyimpanan data.
4. Amazon Elastic MapReduce
Amazon Elastic MapReduce merupakan bagian dari amazon web services (AWC). Ini adalah layanan web yang memungkinkan perusahaan, peneliti, analisis data dan pengembang dengan mudah dan dengan biaya yang efektif untuk memproses data dalam jumlah besar.
5. Amazon Fresh
Adalah layanan pengiriman makanan dimana pemesanan nya dilakukan secara online.
6. Amazon Kindle
Kindle adalah sebuah e-reader yeng dikembangkan Amazon.com. Buku,koran, majalah dan blog yang diambil keperangkat nirkabel Amazon secara gratis melalui jaringan EVDO (disebut WhisperNet) dan diterbitkan dalam format eksklusif untuk Kindle.
7. Amazon Kindle 2 Amazon’s
Adalah ponsel ebook reader.
8. Amazon Kindle DX
Merupakan versi dari Kindle yang memiliki ukuran layar lebih besar dari Kindle yang sebelumnya.
9. Amazon S3
Merupakan penyimpanan online untuk perusahaan – perusahaan pengembang. Datanya dapat disimpan atau diambil melalui antar muka web sederhana dari komputer mana saja disetiap saat.
10. Amazon Unbox
Adalah layanan video, dan hanya tersedia di Amerika Serikat.
11. Amazon Video on Demand
Merupakan layanan video streaming untuk televisi dan film.
12. Amazon Web Services
Sejak awal tahun 2006, Amazon Web Services (AWS) telah menyediakan semua ukuran dengan impra struktur layanan web platform. AWS memiliki fleksibitas untuk memilih mana platform pengembang program atau membuat program yang paling sesuai untuk kebutuhan pemecahan masalah. Pelangan hanya membayar untuk apa yang digunakan, tanpa ada biaya depan atau komitmen jangka panjang sehingga biaya aws-cara efektif untuk menyampaikan aplikasi ke pelanggan.
13. Mechanical Turk
Adalah sumber keramaian layanan yang memungkinkan para pengembang dan perusahaan untuk mendapatkan orang-orang untuk melakukan sejumlah kecil dari pekerjaan yang tidak dapat. Dengan artificial intelligence amazon memudahkan pengguna untuk mendapatkan hasil yang mirip.
Beberapa kekuatan dan kelemahan dalam bisnis E – commerce yang dilaksanakan oleh amazon.com antara lain :
KEKUATAN
- Efisient Waktu dalam Berbisnis
E-commerce dapat mempermudah dalam melayani permintaan hal ini dengan menggunakan kriteria pencarian dilakukan dengan menggunakan katalog yang memungkinkan Amazon.com dapat melayani konsumen dalam jumlah besar, disamping itu melalui info pelanggan otomatis (pencarian ke dalam database online). Ebisnis mendukung banyak fungsi dari eletronik data enterchange (EDI) yang mengubah proses bisnis konfensional menjdi operasi papeless yang mempercepat proses bisnis tanpa mengorbankan ketepatan, kehandalan dan efisiensi. Sehingga biaya produk dan layanan menjadi efektif.
- Meningkatkan Pelayanan Kepada Pelanggan
Dengan menggunakan bisnis E-commerce ini, amazon mampu melayani pelanggannya dengan efisien dalam waktu yang bersamaan. Dengan menggunakan sistem amazon.com pelanggan dapat menemukan informasi mengenai berbagai jenis produk, cara pemesanannya dan bagaimana transaksi pembayaran dengan lebih mudah, cepat, tepat dan terjamin karena pelanggan dapat melakukannya kapan saja dan dimana saja.
- Meningkatkan Penjualan Perusahaan
Dengan menggunakan E-commerce amazon dapat meningkatkan penjualan. Dengan meningkatnya penjualan akan mengalami pendapatan keuangan yang cukup signifikan, disamping itu dengan menggunakan sistem ini amazon dapat menciptakan biaya rendah dengan pelayanan yang cepat,tepat dan akurat.
KELEMAHAN
- Harga Produk yang tidak bisa Di Tawar-Tawar
Tidak ada tatap muka antara pembeli dengan penjual amazon.com sehingga tidak memungkinkan terjadinya tawar-menawar karena E-commerce tidak menyediakan sarana antara penjual dan pembeli untuk tawar-menawar. Beresiko tinggi kartu kredit dapat dilacak oleh Hacker dan terkena hack. Transaksi yang terjadi di dalam E-commerce bersifat online, artinya PC terhubung oleh jutaan PC. Hal ini tentu memudahkan para hacker yang ingin melancarkan pencurian atau penggelapan kartu kredit.
Para pelanggan sering mengalami kesulitan dalam mencari barang yang akan diperlukan. Para pelanggan sering mengalami kesulitan dalam mencari barang-barang yang dibutuhkan, hal ini karena belum ada cara mudah dan sederhana dalam transaksi penjualan dan transaksi perdagangan, disamping belum maksimalnya surffing E-commerce.
- Tampilannya sangat sederhana dan kurang jelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar