1.
Rencana usaha
Menggunakan barang bermerk,mengunjungi
distro dan tempat-tempat yang menyediakan berbagai barang bermerk merupakan
lifestyle beberapa anak muda di kota besar.Ini yang membuat banyak
orang,terutama anak-anak muda mulai tertarik mencoba menekuni bisnis distro.
Sedikit ulasan tentang Distro dan Clothing,clothing adalah istilah untuk
menyebut perusahaan pembuat T-shirt.Bisa dibilang,clothing merupakan kategori
untuk merek yang mengeluarkan produk pakaian jadi. Sedangkan distro merupakan
singkatan dari distribution outlet yang fungsinya menerima titipan dari
berbagai macam merek clothing company lokal yang memproduksi sendiri produknya(
t-shirt,dompet,jaket, dan lain-lain) yang belum punya pemasaran sendiri ataupun
sekedar untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan, maka tentunya
clothing company sangat berhubungan baik dan saling membutuhkan satu sama lain.
Distro memiliki sifat eksklusif atau cenderung tidak menjual banyak produk
untuk setiap desainnya. Beberapa clothing company memang membatasi kuantitas
produknya,dengan hanya satu kali produksi untuk satu desain.
Jika
Anda sudah siap melangkahkan kaki di bisnis ini, ada baiknya jika memperhatikan
beberapa hal yang mungkin terlihat sederhana namun ini akan membuat bisnis anda
siap bersaing.
Langkah pertama yang harus kita lakukan
dalam memulai bisnis distro atau clothing company adalah:
1. Memilih nama dan mendesain logo
perusahaan
Sebelum memutaskan nama perusahaan,
pertimbangkan dulu konsep desain logo.Itulah sebabnya kita membutuhkan seorang
tenaga desainer ahli untuk menyampaikan tipe,karakter atau konsep melalui logo
atau simbol.Sebaiknya desain logo atau lambang tidak rumit,cukup dengan kata
atau gambar yang sederhana namun bisa mewakili konsep anda dan mudah di ingat
tentunya.
2. Coba untuk menghubungkan nama atau logo
dengan bidang bisnis atau konsep bisnis
3. Mencari pasar yang menjadi target
pemasaran. Cara manual dalam mencari
segmen pasar adalah melalui promosi mulut ke mulut pada teman-teman atau
komunitas yang kita punya.Kemudian bisa membuat brosur untuk promosi atau
membuat stiker logo untuk dibagikan secara gratis kepada teman-teman atau
komunitas.Anak-anak muda adalah sasaran utama keberhasilan kita dalam memulai
bisnis ini.Bila produk kita disukai mereka,otomatis usaha bisnis kita dapat
bertahan lama.
4. Mengumpulkan para ahli di bidangnya.
Adalah suatu hal mustahil bila kita memulai bisnis ini tanpa adanya orang-orang
yang ahli di dalam bidangnya.Kita tidak mungkin membuat logo
perusahaan,mendesain baju,menyablon,mencari pasar dan memasarkannya sendiri bukan?Setidaknya
kita butuh orang-orang yang paham akan seluk beluk dunia anak muda,apa
kebiasaan mereka,apa yang sedang digandrungi anak muda,dan dari situlah kita
dapat membuat produk yang akan laku dipasaran.Lalu kita butuh seorang yang
handal pada desain.Agar kita dapat berkonsultasi dengannya tentang produk yang
akan kita keluarkan.Karena distro itu tidak menjual sebuah barang yang
sama.Kita juga membutuhkan orang yang ahli dalam bidang sablon,orang yang
bertugas menyebarkan produk kita,dan sebuah distro yang bagus untuk menitipkan
produk kita disana.
Nah,hal-hal diatas adalah beberapa hal pokok
yang perlu diperhatikan dalam memulai sebuah usaha clothing.Diharapkan dengan
ditulisnya hal-hal diatas,dapat membantu anda dalam membuat gambaran bagaimana
cara memulai usaha bisnis di bidang clothing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar