Entri Populer

Minggu, 27 Januari 2013

Rencana Usaha


1.       Rencana usaha
Menggunakan barang bermerk,mengunjungi distro dan tempat-tempat yang menyediakan berbagai barang bermerk merupakan lifestyle beberapa anak muda di kota besar.Ini yang membuat banyak orang,terutama anak-anak muda mulai tertarik mencoba menekuni bisnis distro. Sedikit ulasan tentang Distro dan Clothing,clothing adalah istilah untuk menyebut perusahaan pembuat T-shirt.Bisa dibilang,clothing merupakan kategori untuk merek yang mengeluarkan produk pakaian jadi. Sedangkan distro merupakan singkatan dari distribution outlet yang fungsinya menerima titipan dari berbagai macam merek clothing company lokal yang memproduksi sendiri produknya( t-shirt,dompet,jaket, dan lain-lain) yang belum punya pemasaran sendiri ataupun sekedar untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan, maka tentunya clothing company sangat berhubungan baik dan saling membutuhkan satu sama lain. Distro memiliki sifat eksklusif atau cenderung tidak menjual banyak produk untuk setiap desainnya. Beberapa clothing company memang membatasi kuantitas produknya,dengan hanya satu kali produksi untuk satu desain.

 Jika Anda sudah siap melangkahkan kaki di bisnis ini, ada baiknya jika memperhatikan beberapa hal yang mungkin terlihat sederhana namun ini akan membuat bisnis anda siap bersaing.
Langkah pertama yang harus kita lakukan dalam memulai bisnis distro atau clothing company adalah:
1. Memilih nama dan mendesain logo perusahaan
Sebelum memutaskan nama perusahaan, pertimbangkan dulu konsep desain logo.Itulah sebabnya kita membutuhkan seorang tenaga desainer ahli untuk menyampaikan tipe,karakter atau konsep melalui logo atau simbol.Sebaiknya desain logo atau lambang tidak rumit,cukup dengan kata atau gambar yang sederhana namun bisa mewakili konsep anda dan mudah di ingat tentunya.
2. Coba untuk menghubungkan nama atau logo dengan bidang bisnis atau konsep bisnis
3. Mencari pasar yang menjadi target pemasaran.  Cara manual dalam mencari segmen pasar adalah melalui promosi mulut ke mulut pada teman-teman atau komunitas yang kita punya.Kemudian bisa membuat brosur untuk promosi atau membuat stiker logo untuk dibagikan secara gratis kepada teman-teman atau komunitas.Anak-anak muda adalah sasaran utama keberhasilan kita dalam memulai bisnis ini.Bila produk kita disukai mereka,otomatis usaha bisnis kita dapat bertahan lama.
4. Mengumpulkan para ahli di bidangnya. Adalah suatu hal mustahil bila kita memulai bisnis ini tanpa adanya orang-orang yang ahli di dalam bidangnya.Kita tidak mungkin membuat logo perusahaan,mendesain baju,menyablon,mencari pasar dan memasarkannya sendiri bukan?Setidaknya kita butuh orang-orang yang paham akan seluk beluk dunia anak muda,apa kebiasaan mereka,apa yang sedang digandrungi anak muda,dan dari situlah kita dapat membuat produk yang akan laku dipasaran.Lalu kita butuh seorang yang handal pada desain.Agar kita dapat berkonsultasi dengannya tentang produk yang akan kita keluarkan.Karena distro itu tidak menjual sebuah barang yang sama.Kita juga membutuhkan orang yang ahli dalam bidang sablon,orang yang bertugas menyebarkan produk kita,dan sebuah distro yang bagus untuk menitipkan produk kita disana.

 Nah,hal-hal diatas adalah beberapa hal pokok yang perlu diperhatikan dalam memulai sebuah usaha clothing.Diharapkan dengan ditulisnya hal-hal diatas,dapat membantu anda dalam membuat gambaran bagaimana cara memulai usaha bisnis di bidang clothing.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar