Entri Populer

Sabtu, 08 Oktober 2011

tugas 2 . faktor-faktor penyebab perbedaan cuaca


Faktor-faktor penyebab perbedaan cuaca

Menurut saya perubahan iklim global terjadi karena :

-     atmosfer bumi dipenuhi oleh gas rumah kaca (GRK), seperti karbon dioksida dan metana, yang dihasilkan oleh manusia.

-     Gas karbondioksida terjadi akibat proses pembakaran bahan bakar fosil dengan tujuan untuk menghasilkan energi dan juga akibat kebakaran hutan.

-     Sementara gas metana terjadi akibat aktivitas pembuangan sampah.

-     Akibat pemanasan global yang terjadi di bumi ini


Menurut saya masih banyak yang menjadi factor penyebab perbedaan cuaca selain factor-faktor diatas termasuk juga faktor human error yang sering sekali menjadi penyebab perbedaan cuaca di Indonesia. Di Jakarta sendiri penyebab perbedaan cuaca sudah banyak sekali seperti gedung-gedung pencakar langit yang menggunakan kaca (sering kita sebut Efek Rumah Kaca/Gas Rumah Kaca) berbeda dengan yang ada di daerah-daerah terpencil yang tidak ada gedung-gedung yang menjulang tinggi. Polusi juga dapat menyebabkan perbedaan cuaca karena di kota-kota besar polusi yang dihasilkan bisa 10 kali lipat dari polusi yang ada di daerah-daerah terpencil. 
Pemanasan global juga dapat menyebabkan perbedaan cuaca karena aktifitas sinar UV masuk ke bumi dengan ukuran yang besar dan menyebabkan sirklus cuaca menjadi tidak beraturan. Angin juga bisa dikatakan penyebab perbedaan cuaca karena angin membawa materi-materi uap air dari laut menuju ke suatu tempat. Itulah penyebab-penyebab terjadinya perbedaan cuaca menurut saya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar